Sabtu, 31 Maret 2012

It's Earth Hour !

Baiklah, ini postingan pertamaku di dalam blog ini...so...semoga aja ada manfaatnya :) simaks gan :D







Iya para pembaca sekalian, EARTH HOUR. mungkin kedengaran asing di kuping kita jika mendengarkan soal Earth Hour ini. Tau atau tidak, kegiatan EARTH HOUR sudah menjadi kegiatan yang sangat bergengsi di negara-negara besar. kegiatan ini sendiri di mulai oleh WWF (World Wide Fund) sebuah organisasi yang memiliki misi menyelamatkan bumi seperti GREEN PEACE. kegiatan ini pertama dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2007, tepatnya di Sydey, Australia.

Tahun ini, EARTH HOUR diadakan pada tanggal 31 Maret 2012. ya setelah Earth Hour ini aku baru membikin blog yang masih sangat-sangat "abal". EARTH HOUR berawal dari kampanye kolaborasi antara WWF-Australia, Fairfax Media, dan Leo Burnett untuk kota Sydney, Australia, dengan tujuan mengurangi gas rumah kaca di kota tersebut sebanyak 5% pada tahun 2007. Keberhasilan kampanye ini diharapkan dapat diadopsi oleh masyarakat, komunitas, bisnis, serta pemerintah lain di seluruh dunia sehingga seluruh warga dunia dapat menunjukkan bahwa sebuah aksi individu yang sederhana sekalipun bila dilakukan secara massal akan membuat kehidupan kita di Bumi menjadi lebih baik.



Logo Earth Hour awalnya hanya menggunakan angka 60 saja bermotif Planet Bumi untuk melambangkan 60 menit waktu yang digunakan saat Earth Hour. Namun, sejak 2011, logo tersebut mendapat tambahan tanda + ( plus ) di belakang angka 60. Tanda plus tersebut merepresentasikan tujuan Earth Hour yang mendorong publik untuk melakukan aksi lanjutan setelah satu jam mematikan lampu berakhir.
WWF berharap kegiatan efisiensi energi yang dilakukan semua partisipan Earth Hour tidak berhenti di satu jam saja, tapi bisa terus berlanjut menjadi gaya hidup plus aksi ramah lingkungan lainnya yang diterapkan setiap hari. Setelah satu jam, jadikan gaya hidup!

 

Apa target EARTH HOUR?
Target kegitan EARTH HOUR, yaitu :

  • Untuk melanjutkan target efisiensi energi dan perubahan gaya hidup di kota-kota besar di dunia dengan konsumsi listrik tinggi,
  • Dan berusaha mengaitkannya dengan potensi sumber energi baru terbarukan yang lebih bersih dan berdampak minimal pada lingkungan
  • Mengangkat dan memancing semangat kepemimpinan pemerintahan dan korporasi untuk secara signifikan melakukan efisiensi energi dan penggunaan sumber energi baru terbarukan sebagai bagian dari kebijakan mereka.

"Bergaya hidup hemat energi tidak cukup hanya dengan berpartisipasi di EARTH HOUR saja, tetapi harus terus dibuktikan setiap hari, dan diikuti dengan mengubah gaya hidup ramah lingkungan lainnya, seperti: menggunakan kendaraan umum atau bersepeda untuk bepergian, hemat air, menanam pohon, dan lain-lain."

Target :
  1. Mencapai lebih dari 1 milyar orang di seluruh dunia di lebih dari 5000 kota.
  2. Melibatkan komunitas-komunitas di lebih dari 6000 kota kecil dan kotamadya serta bekerjasama dengan banyak massa.
  3. Mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih ramah lingkungan.
  4. Memberikan mandat dari total dukungan yang terkumpul kepada para pemimpin dunia sehingga dapat membuat perubahan yang berarti.


 EARTH HOUR Indonesia yang Ke-4
Tahun 2012 adalah tonggak pelaksanaan EARTH HOUR di Indonesia yang keempat.

Berdasarkan kondisi konsumsi listrik di Indonesia yang masih memperlihatkan pola penggunaan yang boros, maka WWF-Indonesia berkomitmen untuk tetap mengusung kampanye ini hingga 2014 untuk membangun kesadartahuan sehingga publik Indonesia, terutama di kota-kota besar di Jawa - Bali, teredukasi dan terus diingatkan berpartisipasi lalu menindaklanjuti EARTH HOUR dengan perubahan gaya hidup lebih ramah lingkungan dalam jangka panjang.

WWF mengharapkan jutaan orang di seluruh dunia mematikan lampunya selama 1 jam sebagai pernyataan global. Tunjukkan bahwa kamu peduli perubahan iklim. Tindakan kecil dapat membuat perubahan besar.


"a small step for man, a giant leap for mankind" - Neil Armstrong


Sudahkah kalian mematikan listrik-listrik kalian? jangan hanya saat EARTH HOUR dong.. hari biasa pun juga perlu


berikut beberapa pics yang ane copas dari mbah gugel


ini di Australia gan (2011)

 ini di Filipina gan (2011)

China gan (2011)

Indonesia tercinta nih gan :D (2011)

dan ini ane di rumah gan (2012, cuman tulisan)

Dmikian postingan, atau thread pertama di blog ane para pembaca yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng.
sampai jumpa di postingan lain ;)


0 komentar:

Posting Komentar